Minggu, 14 September 2014

Cara Simple Melatih Si Kecil Bicara




Pada usia 8 bulan, biasanya anak sudah dapat berbicara meskipun masih kendengaran tidak jelas. Tapi tahukan Anda, melatih berbicara si kecil dapat dilakukan  sejak lahir.

Antara usia 2-4 bulan orang tua dapat mengajak anak berbicara. Alangkah baiknya jika membiasakan si kecil mendengarkan musik. Hal tersebut dijelaskan oleh Julie Masterson. PhD. CCC-SLP. Professor communication science and disorders di Missouri State University.

Julie juga mengatakan, melatih anak direntang usia 4- 8 bulan, si kecil dapat mengucapkan konsonan seperti bubu ataupun dede.

Dengan penelitian 12 ibu dengan usia anak 8 bulan. Dan hasilnya adalah bayi yang rutin melakukan kegiatan tersebut dapat memeiliki kemempuan bicara yang lebih baik.

Selalu merespon apa yang anak ucapkan dan ajaklah mengobrol mengenai benda disekitar dan bacakanlah dongeng secara rutin. Usahakan mengurangi penggunaan perangkat audio visual untuk meletih anak berbicara.

Selain berinteraksi, melatih anak berbicara juga dapat dengan memberi pijatan di area bibir secara rutin. Caranya berilah tekanan diarea bawah hidung dan atas bibir secara lembut. Ujar dr Anne Gracia.

Lalu berikanlah pijatan dengan melingkar dari sudut bibir menuju telinga bagian depan cuping telinga. Kemudian tariklah jari telunjuk ke sudut bibir dengan jari tengah. Taruhah dibawah rahang supaya ada tekanan lembut dikelenjar bawah rahang.

Hal ini berfunsi sebagai untuk melatih keterampilan bicara dan memperlancar artikulasinya si kecil.
Selamat mencoba ya Ayah Bunda ^_^

Baca Juga
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar